|

Memperluas Wawasan Dan Pengetahuan Usaha Melalui Kegiatan Kunjungan Lapangan Bagi Peserta Pelatihan Kerja Mandiri


Selasa, 01 Agustus 2017 14:57 WIB | Oleh : Operator
Balai Pelatihan Kerja Mandiri (BPKM) Jawa Barat melaksanakan Kunjungan Lapangan ke Pelaku Rintisan Usaha Mandiri Las Listrik yang bertempat di Kampung Manjah Beureum, Cileunyi. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari pelatihan Mobile Training Unit (MTU) Las Listrik Dasar angkatan IV dan angkatan V yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Diikuti oleh peserta pelatihan berasal dari beberapa Kota/kabupaten di Jawa Barat  yang memiliki minat terhadap Las Listrik. Kegiatan Kunjungan Lapangan merupakan salah satu Metodologi Pelatihan yang dimiliki oleh BPKM Jabar dalam upaya pemenuhan kebutuhan pelayanan pelatihan bagi masyarakat secara cepat, efisien dan efektif. Selain itu kegiatan kunjungan lapangan tersebut bertujuan untuk memperluas pengetahuan terhadap aktivitas bisnis yang sebenarnya di dunia usaha, memberikan pengalaman untuk berinteraksi terhadap cara kerja di dunia usaha dan mendorong peserta agar memiliki minat untuk merintis usaha mandiri.

Pelaku usaha yang dikunjungi kali ini bertempat di Bengkel Las Listrik Putra Mandiri II, Jl. Villa Bandung Indah, Kp. Manjah Beureum, Cileunyi, Kab. Bandung Barat. Pemilik dari bengkel las listrik tersebut yaitu Bapak Abidin yang merupakan warga asli Panjalu, Ciamis. Bapak Abidin merupakan seorang pemuda putus sekolah yang punya keinginan untuk memperbaiki nasibnya di kota.  Dalam perjalanan kisah hidupnya bapak abidin dulunya hanyalah seorang pegawai disalah satu bengkel las di daerah tersebut (Bengkel Las Listrik Putra Mandiri I, pemilik Bapak Eman). Bapak Abidin selama 11 tahun hanya menjadi pegawai las saja hingga akhirnya dia memiliki tekad untuk berusaha mendirikan usahanya sendiri yang kini diberinama Bengkel Las Listrik Putra Mandiri II dan memiliki 3 orang pegawai lain untuk membantu usahanya. Dalam sebulan Bapak Abidin bisa mendapatkan omset hingga belasan juta bahkan jika sedang ramai dalam sebulan bisa mendapatkan omset hingga 20 juta rupiah.

 

 

 

 

 

 

 

    Dalam kegiatan kunjungan seluruh peserta diajak untuk berinteraksi langsung kepada pemilik usaha guna mendapatkan informasi dan wawasan terkait dengan kisah jatuh bangunnya si pemilik usaha (Bpk. Abidin) dalam merintis usaha bengkel las hingga bisa mencapai kesuksesan sampai saat ini. Bapak Abidin saling bertukar informasi kepada seluruh peserta terkait dengan aktivitas bisnis yang dijalankan dan jasa yang ditawarkan di bengkel las miliknya. Bengkelnya menawarkan beberapa jasa diantaranya yaitu pembuatan pagar, tangga, kanopi, tralis dan konstruksi bangunan lainnya. Tidak hanya itu saja, peserta juga diperkenalkan tata cara teknik kerja yang seharusnya dilakukan oleh pengusaha bengkel las. Bapak Abidin juga memperlihatkan beberapa hasil karyanya yang ada di workshop bengkel lasnya.

Dari aktivitas tersebut peserta dapat memiliki pengalaman langsung bagaimana merintis dan melaksanakan usaha mandiri khususnya dibidang Las Listrik. Apalagi peserta dipertemukan kepada Bapak Abidin yang notabene beliau adalah salah satu contoh seseorang yang memulai usahanya dari bawah ditambah beliau pemuda yang putus sekolah namun dengan kerjakerasanya bisa mendirikan rintisan usaha mandiri. Oleh karena itu dengan diterapkannya Metodologi Kunjungan Lapangan pada rangkaian kegiatan Pelatihan MTU yang dilaksanakan dapat memperluas wawasan pengetahuan dan pengalaman bagi para peserta pelatihan khususnya untuk minat usaha las listrik dasar. Tidak hanya itu saja, dari hasil kegiatan yang telah dialami dan diamati langsung oleh peserta tentunya mereka memiliki bekal untuk diterapkan dalam merintis usaha mandiri di daerahnya sehingga terciptalah perluasan kesempatan kerja dan kesempatan berusaha baru di pelosok-pelosok daerah yang ada di Jawa Barat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kontributor : Moch. Wahyu Saputra

Komentar

Statistik Kunjungan


  Pengunjung Online   :   1
  Pengunjung Hari Ini   :   50
  Total Pengunjung   :   163867


Mobile Analytics

Jejak Pendapat


Bagaimana menurut pendapat anda tentang BPKM JABAR ini?
Bagus
Lumayan
Tidak

Kontak Kami


BPKM JABAR,
Jl.Soekarno - Hatta No.567
Bandung 40275, Indonesia
Telp/Fax : (022) 7303974
Email : balatrans@yahoo.co.id